Tuesday, November 27, 2007

Persib

Sore ini seperti biasa, saya menunggu senja sebelum beranjak pulang. Di depan beberapa staf kami menyaksikan tayangan pertandingan antara Persib Vs Sriwijaya FC. Jelas saya adalah penikmat sepakbola, baik dalam maupun luar negeri, terlebih Persib. Meskipun prestasi tim kebanggaan masyarakat kota bandung --dulu Jawa Barat-- tak kunjung menggembirakan, tetapi saya masih mengikuti perkembangan tim ini, terlebih karena manajemen Persib menggunakan APBD Pemkot Bandung dalam mendukung kebutuhan finansialnya.

Sudah berapa kali strategi ditempuh, mulai dari mendatangkan pelatih asing, pemain asing, atau pemain lokal berharga mahal, tetapi prestasi menggembirakan tak kunjung tiba. Bahkan sore ini, ketika kemenangan dituntut diraih tim ini, di stadion Siliwangi kandang mereka sendiri, tim ini takluk dari Sriwijaya FC.

Saya kira mengeluarkan biaya besar bersumber dari APBD untuk keperluan tim seperti yang selama ini ditempuh memang tidak signifikan dengan raihan prestasi. Untuk itu lebih baik Persib menggunakan dana non APBD, walaupun kecil tetapi tujuannya untuk pembinaan pemain muda.

Gampangnya begini, akui saja bahwa memang Persib sulit untuk meraih juara, tapi Persib punya kesempatan mengembangkan bakat-bakat muda, untuk berprestasi "lumayan", tetapi tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. Daripada mereka terlibat genk motor, mendingan mereka aktif bersepakbola. Sediakan lapangan-lapangan yang cukup untuk berlatih, buat kompetisi intern yang baik, biarkan hasilnya sesuai dengan kenyataan.

Bravo sepakbola

No comments: